Foto: Anggota DPRD Sulsel, Dan Pongtasik saat memberikan sambutannya

BATOPAR.COM, TORAJA UTARA – Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi PDI Perjuangan Dan Pontasik Menggelar Sosialisasi Perda Sulsel No. 1 Tahun 2017 yang dirangkaikan dengan Sosialisasi Nilai-nilai Kebangsaan Peduli Pencegahan dan Penanganan Covid 19 di Lembang Ampang Kecamatan RindingAlo Kabupaten Toraja Utara, Jumat 26/6/2020.

Turut Hadir Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sarce Bandaso Tandiasik

Anggota DPRD Sulsel ini mengajak Seluruh Warga untuk mematuhi Protokol Kesehatan dan Menjalankan Perda No. 1 Tahun 2017 tentang pengendalian Lahan Kritis.

Baca Juga: Didampingi Legislator PDIP, Wagub Sulsel Tinjau Lokasi Longsor Poros Toraja dan Palopo

“Lahan kritis adalah lahan yang fungsinya kurang baik sebagai media produksi, baik untuk menumbuhkan tanaman yang dibudidayakan maupun yang tidak dibudidayakan. Begitulah kurang lebih pengertian lahan kritis menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 37 Tahun 2014 tentang Konservasi Tanah dan Air”.

Baca Juga: Anggota Komisi V DPR RI, Sarce Bandaso Minta PUPR Percepat Perbaikan Jalan Poros Toraja – Palopo

Selain itu, Pemerintah pusat dan pemerintah daerah di Indonesia sebenarnya tidak pernah tinggal diam dalam menangani persoalan lahan marginal ini. Berbagai upaya pencegahan telah dilakukan, dan untuk Provinsi Sulsel telah mengeluarkan Perda Sulsel No. 1 Tahun 2017 tentang pengendalian Lahan Kritis, Ungkap Politisi Senior PDI Perjuangan Sulsel itu

Baca Juga: Tinjau Longsor Poros Palopo-Toraja, Menteri PUPR Langsung Bikin Jembatan Gantung

Lanjut Anggota DPRD Sulsel 5 Periode itu, “Kabupaten Toraja Utara ini memiliki banyak lahan kritis, sehingga yang mesti kita lakukan adalah melakukan Penghijauan sehingga unsur Tanah bisa menjadi lebih baik lagi, dalam menunjang ketersediaan air dan Kesuburan Tanah.

Jika ada lahan yang tidak digunakan selama 5 Tahun, itu berpotensi menjadi Lahan Kritis, sehingga perlu adanya penanganan dari semua pihak baik dari Pemerintah daerah, Pemerintah Lembang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dalam mencegah terjadinya lahan Kritis didaerah kita ini, Tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here