oleh

Duta YKPI Wanda Hamidah Sebut Kanker Bisa Disembuhkan

BATOPAR.COM, JAKARTA – Duta Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Wanda Hamidah, menilai penyakit kanker dapat disembuhkan. Namun hal itu berlaku bila kanker bisa cepat ditemukan dengan melakukan deteksi dini yakni periksa payudara sendiri (Sadari) dan periksa payudara secara klinis (Sadanis).

“Semakin cepat kanker itu dideteksi, semakin cepat pula proses sembuhnya sebesar 90% bahkan 100% bisa sembuh dengan kesiapan yang lebih matang. Jadi penanganan kanker tidak harus menelan biaya yang lebih besar dan rasa sakit yang menyakitkan,” kata Wanda dalam diskusi virtual Beritasatu Health Literacy “Perempuan dan Kanker”, Selasa (16/2/2021).

Hal itu ia ungkapkan berdasarkan pengalaman pribadinya. Wanda mengaku pernah mengidap tumor payudara pada 2010. Saat itu, ia segera mengangkatnya sebelum berkembang lebih parah.

Oleh karena itu, sebagai Duta YKPI membantu sosialisasi pencegahan kanker dan menyemangati masyarakat bahwa 90% kanker bisa disembuhkan bila diketahui sejak awal, khususnya kanker payudara yang lebih dapat diketahui secepatnya.

Dari kampanye yang selama ini digaungkan, YKPI berharap penanggulangan kanker bisa diatasi di Indonesia. Ia berharap angka penderita kanker bisa menurun. Ia pun memberikan tips untuk mengenali adanya tanda-tanda mengidap kanker.

“Kita berdiri di depan cermin lalu angkat tangan ke atas sambil memegang payudara dan mengecek apakah terdapat benjolan, meski ada juga yang tidak mengalami benjolan. Periksalah biasanya 1 minggu setelah haid,” urai dia.

Bila terdapat benjolan, lihat apakah ada perubahan warna pada benjolan, cairan tak lazim, dan berbau. Bila hal itu ditemukan, segera ke dokter untuk segera diperiksa lebih lanjut.

Komentar

News Feed