oleh

Hasto Kristiyanto Ungkap Makna PDIP Gelar Senam Sicita

BATOPAR.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap makna partainya menggelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air atau Sicita. Hasto mengatakan PDIP ingin menggelorakan semangat cinta Tanah Air. Kegiatan tersebut juga digelar bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2022.

“Kegiatan ini dirancang gunanya menggelorakan semangat men sana in corpore sano, bagaimana Pancasila dipahami dengan seluruh dedikasi yang memerlukan adanya syarat penting, yaitu kesehatan jiwa dan raga dengan cara untuk kita bisa berdedikasi bagi bangsa dan negara,” kata Hasto usai senam Sicita di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Hasto mengatakan senam Sicita dirancang untuk membangkitkan dedikasi bagi bangsa melalui lagu-lagu daerah, termasuk lagu almarhum Gombloh yang ternyata mampu menggetarkan seluruh jiwa raga. “Diharapkan dengan senam Sicita ini, kita menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia melalui gerak dan juga sekaligus mencintai kebudayaan nusantara kita,” tutur Hasto.

Hasto menuturkan banyak hal yang dilakukan PDIP dalam meraih hati masyarakat Indonesia. “Senam bukan satu-satunya instrumen, tetapi senam ini menunjukkan perspektif politik itu luas, perspektif politik itu terkait dengan penghijauan, terkait dengan pembersihan sampah terkait dengan sanitasi lingkungan yang bersih, itu politik yang dijabarkan PDI Perjuangan, bukan pertemuan-pertemuan elite,” tegas Hasto.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga mengatakan senam Sicita diselenggarakan bersamaan di 534 kota/kabupaten dan 34 provinsi yang diikuti sekitar 125.000 orang.

“Senam Sicita ini kita kampanyekan ini lebih dari tiga bulan dan hampir di seluruh Indonesia sudah memahami mengenai senam Sicita dan kita menginformasikan dan membagikan gerakan senam ini melalui sosial media juga,” terang Eriko.

Dia mengatakan dalam kegiatan ini juga diadakan perlombaan senam Sicita yang diikuti oleh tiga kategori. Pertama, kader PDIP dengan 380 peserta. Kedua, kategori umum sekitar 180 peserta. Ketiga, pelajar yang diikuti oleh 172 peserta.

“Kami mengharapkan melalui kegiatan PDI Perjuangan ini di momentum Hari Kebangkitan Nasional ini, kita bangkitkan lagi semangat berolahraga,” kata Eriko Sotarduga.

 

Komentar

News Feed