oleh

Kritik Rusia, Eks Presiden AS George W Bush Keceplosan Sebut Invasi ke Irak Brutal

BATOPAR.COM, – Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George Walker Bush berniat untuk mengkritik tindakan Rusia terhadap Ukraina. Tapi ia justru keliru menyebutkan invasi ke Irak sebagai tindakan yang brutal dan tak bisa dibenarkan.

Kritikan itu dilontarkan saat George W Bush berpidato dalam sebuah acara di Dallas pada Rabu 18 Mei 2022. Sontak saja pernyataan Bush dengan cepat menjadi viral di berbagai platform media sosial.

Diketahui, Bush menjadi presiden AS yang mengawasi invasi ke Irak pada tahun 2003 silam. Atas tuduhan senjata pemusnah massal atau WMD di Irak. Meski akhirnya tim inspeksi PBB tak menemukan bukti WMD tersebut.

Simak video dan ulasan selengkapnya berikut ini, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (20/5/2022).

Mengutip The Dallas Morning News, George W Bush saat berpidato di Dallas berbicara mengenai kondisi politik Rusia.

Ia bahkan sempat memuji pemimpin Ukrania Volodymyr Zelensky, serta membandingkannya dengan kepemimpinan masa perang Inggris Winston Churchill.

Ditambah lagi, Bush bahkan mengutuk Presiden Rusia Vladimir Putin karena tega melancarkan invasi ke Ukraina. Ia tampak berusaha mengkritik Rusia.

“Sebaliknya, pemilu Rusia dimanipulasi. Lawan politik ditahan jika tidak, dieliminasi dari berpartisipasi dalam proses elektoral. Hasilnya adalah ketiadaan ‘check and balance’ di Rusia.

 

Komentar

News Feed