oleh

Mahasiswa Rampi Demo di Kantor Bupati Luwu Utara, Desak Gubernur Sulsel Minta Maaf

BATOPAR.COM, LUWU UTARA – Puluhan mahasiswa demo di Kantor Bupati Luwu Utara, Jalan Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Rabu (18/5/2022).

Mereka yang demo merupakan mahasiswa dari wilayah Rampi dan beberapa lembaga organisasi di Tana Luwu.

Salah satu tuntutannya adalah mendesak Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meminta maaf kepada masyarakat Rampi secara terbuka melalui video.

Selain itu, pendemo juga menuntut agar menghentikan pembodohan dan pembohongan publik tentang pembangunan infrastruktur jalan Masamba-Rampi.

Serta menagih janji Pemkab Luwu Utara untuk perbaikan infrastruktur jalan Masamba-Rampi dan memberikan pelayanan maksimal pendidikan serta kesehatan di Rampi.

“Kami mendesak Gubernur Sulsel meminta maaf kepada masyarakat Rampi,” tegas koordinator aksi Hesron Tomba dalam orasinya.

Pendemo dalam aksi ini menggunakan pengeras suara yang dimuat dengan mobil pick up.

Mereka juga membawa spanduk bertuliskan tuntutan bendera lembaga.

Saat demo berlangsung, massa membakar ban bekas tepat di pintu masuk kantor bupati.

Mereka dikawal ketat oleh personel Polres Luwu Utara.

Diketahui, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman, menyinggung balik warga Rampi, Kabupaten Luwu Utara.

Singgungan menohok Sudirman disampaikan saat sambutan pada peringatan HUT ke-19 Kabupaten Luwu Utara, Kamis (12/5/2022).

Saat sambutan, Sudirman membahas pembangunan jalan penghubung Luwu Utara dan Morowali.

Lalu membahas persoalan jalan yang ada di Rampi, Luwu Utara.

“Seperti di Rampi, saya sampaikan di Luwu Utara tadi, katanya ada yang mau keluar dari Sulawesi Selatan ini, kenapa nda keluar sekalian dari Indonesia gitu kan,” ucap sang gubernur.

Bukan tidak ingin membangun kata dia, namun pembangunan itu dilakukan secara bertahap.

Mengingat kontur tanah di Rampi labil.

“Bukan kita tidak mau membangun nda, kenapa panjangnya kita tentu bertahap, kemampuan keuangan wilayah ini tidak sekuat yang kita pikirkan, kalau kali kalinya itu ke Rampi itu sekitar 80 kilo saya sudah cek, kita kasi anggaran ke teman-teman TNI saja untuk buka akses saja,” sambung Sudirman.

Sambutan Sudirman ini disaksikan tamu undangan rapat paripurna HUT Luwu Timur.

Komentar

News Feed