BATOPAR.COM, LUWU – Maraknya pengalihfungsian lahan pertanian membuat Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Drs.Esra Lamban turut prihatin.

Dalam kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah yang digelar di Desa Malenggang, Kec.Bupon, Kab.Luwu, Jumat (26/6/2020), Legislator Luwu Raya ini mensosialisasikan Perda No.4 Tahun 2014 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Kegiatan ini dimaksudkan agar masyarakat memahami pentingnya ketahanan pangan khususnya disaat masa pandemi covid-19.

Baca Juga: Reses di Tengah Pandemi, Esra Lamban Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

“Luasan lahan pertanian dilarang untuk dialihfungsihkan, pun jika bapak/ibu hanya memiliki satu-satunya lahan dan akan digunakan untuk rumah tinggal, maka hanya boleh dialihfungsikan paling banyak 300 m2” ujar Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

“Jika melanggar akan di beri sanksi tegas, ada sanksi administrasi dan ada sanksi pidana” lanjutnya.

Sembari melakukan penyebarluasan perda, Drs.Esra Lamban yang juga sebagai Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Sulawesi Selatan memberikan edukasi perihal pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan dalam menghadapi pandemi covid-19.

Baca Juga: Esra Lamban Salurkan Bantuan Sembako ke Warga yang Terdampak Corona

Kegiatan pun dilakukan dengan tetap mengacuh pada protoker tetap penanganan covid-19 yaitu peserta wajib memakai masker, mencuci tangan dengan benar dan tetap menjaga jarak.

Dibagi menjadi 5 sesi kegiatan dengan manghadirkan maksimal 40 orang dalam setiap sesi, hadir sebagai pemateri bapak Maruli, Spd, Kepala Desa Malengang Rahman Arif, Tokoh Pemuda serta Tokoh masyarakat setempat.

Reporter: Yan Samma

Redaksi_Batopar.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here