BATOPAR.COM, JAKARTA – Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri hadir dalam Konser Solidaritas Kemanusiaan yang bertemakan “Bersatu Melawan Corona”. Dalam konser ini, Megawati mengajak seluruh rakyat Indonesia bersatu melawan pandemi virus corona atau Covid-19 dengan sikap gotong royong. Karena sikap gotong royong sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang sudah terkenal di seluru dunia.

“Pandemi COVID-19 harus kita hadapi bersama sebagai elemen bangsa harus bersatu mengatasinya, sejatinya kita adalah bangsa dengan jiwa gotong royong,” kata Megawati Soekarnoputri, Minggu (17/5/2020).

Dalam kesempatan itu, Megawati Soekarnoputri menyoroti daerah yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan adanya PSBB ini, akan berdampak pada perputaran roda ekonomi di tengah-tengah masyarakat. Pada saat itu lah, sikap gotong royong sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus corona.

Baca Juga: Jokowi Minta Pembagian Bansos Disederhanakan dan Dipercepat

“Banyak daerah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Ini saatnya kita buktikan bahwa gotong royong juga bisa dilakukan dalam skala besar,” ujar Megawati Soekarnoputri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus membuka konser solidaritas kemanusiaan yang bertajuk “Bersatu Melawan Corona”. Dalam sambutannya, Jokowi mengajak masyarakat Indonesia bersatu menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19.

Menurutnya, bangsa Indonesia akan mampu menghadapi dan melawan virus corona, karena berdasarkan pengalaman sejarah, bangsa Indonesa adalah bangsa yang kuat dan tangguh.

Baca Juga: Presiden Minta 10.134 Puskesmas Diperkuat untuk Tangani Covid-19

Oleh karena itu, lanjut Presiden, masyarakat harus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu menghadapi Covid-19 ini. Dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menunjukkan kepedulian terhadap sesama yang terdampak virus corona.

“Oleh karena itu marilah kita tunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu menghadapi pandemi Covid ini. Mampu juga menjaga persatuan dan kesatuan bangsa kita serta mampu menunjukkan betapa pedulinya kita kepada sesama terutama yang terkena dampak Covid,” ajak Jokowi.

Seperti diketahui, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menggelar konser solidaritas kemanusian dengan tajuk “Bersatu Melawan Korona” pada Minggu (17/5/2020), pukul 19.30 hingga 21.30 WIB.

Konser tersebut digelar secara virtual dan disiarkan langsung di beberapa stasiun televisi, seperti TVRI, INews, Net TV, Metro TV, BNPB TV, O Channel, bahkan bisa dinikmati melalui siaran live streaming Telkomsel, ANTV, Video, dan Metro TV News.com.

Konser tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin, Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, serta artis-artis ternama sebagai pengisi acara seperti Judika, Rossa, Via Vallen dan lainnya.

Pagelaran konser tersebut merupakan hasil kerja sama BPIP dengan MPR RI, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Indika Foundation, dan GSI Lab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here