oleh

Menkopolhukam Mahfud MD: Kasus Sepele Jangan Dibawa ke Pengadilan

BATOPAR.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (menko Polhukam) Mahfud MD, mengingatkan, tidak semua kasus atau masalah yang terjadi di tengah masyarakat harus dibawa ke pengadilan. Untuk menjalin harmoni dan kebersamaan, jika ada kasus yang bisa diselesaikan secara kekeluargaan, maka tidak perlu dibawa ke pengadilan.

“Hukum bukan alat untuk menjadi menang tapi alat untuk menjalin harmoni dan kebersamaan. Oleh sebab itu, hal-hal yang sepele-sepele tidak harus dibawa ke pengadilan, tapi diselesaikan dengan mediasi. Kalau agak serius, lindungi korbannya, itu restorative justice,” kata Menko Polhukam Mahfud MD saat menjadi narasumber pada Rapim Polri Tahun 2021 secara virtual di Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Menko Polhukam menjelaskan, hukum punya tiga fungsi dan tujuan. Yakni untuk kepastian, keadilan, dan kemanfaatan. Jika kepastian tidak cukup maka harus ada keadilan, karena yang pasti itu belum tentu adil.

“Hukum bisa mengesampingkan keadilan dan kepastian manakala keadilan dan kepastian diterapkan tidak bermanfaat atau malah membahayakan. Oleh karena itu, penegakan hukum harus manusiawi sesuai dengan tujuan negara,” ucap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Komentar

News Feed