oleh

Panglima: Lokasi Black Box Sriwijaya Air SJ-182 Sudah Terpetakan

BATOPAR.COM, JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap titik lokasi black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu dan diharapkan dapat segera diangkat dalam waktu dekat.

“Alhamdulillah berkat doa seluruh masyarakat Indonesia titik jatuhnya SJ-182 sudah kita temukan dan saat ini seluruh prajurit TNI di lokasi, bersama Basarnas mendukung pecahan dan potongan pesawat SJ-182. Bagian-bagian yang kecil bisa kita ambil, bagian yang besar kita datangkan kapal dengan alat crane,” ujar Hadi Tjahjanto, Minggu (10/1/2021) sore di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ia menyebutkan pihaknya terus memantau keberadaan black box yang amat penting dalam mengetahui penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

“TNI dan Polri terus berupaya mendapatkan black box yang posisinya diduga kuat berada di posisi tersebut. Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan terus bisa dipantau dan sudah kita marking. Kita harap dalam waktu tidak lama black box tersebut bisa segera diangkat. Pesawat itu ada di kedalaman 23 meter, semoga segera bisa segera diangkat,” tandas Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito menyebutkan pihaknya sudah menemukan sejumlah serpihan pesawat maupun bagian tubuh jenazah penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

“Berdasarkan informasi posisi, SAR gabungan dari TNI dan Polri, serta stakeholder terkait. Kita menemukan serpihan atau potongan dari Sriwijaya SJ-182. Dan juga menemukan potongan tubuh manusia yang dapat ditindaklanjuti DVI Polri dan KNKT. Transmit emergency hanya dari dua alat tersebut dan direction finder merapat ke KRI Reagal dan sudah on board untuk melakukan pencarian black box tersebut agar bisa segera ditemukan,” ujar Bagus Puruhito.

Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menyebutkan pihaknya terus melakukan pemantauan dan menggunakan alat yang tepat untuk mendapatkan black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

“Saya menyampaikan progres, hari ini kita sudah mengetahui posisi black box, ada 3 alat portable ping finder untuk membantu para penyelam, sehingga semoga segera ditemukan black box. Kita juga mengindetifikasi part pesawat yang ditemukan dan sebaran serpihan pesawat tersebut,” kata Soerjanto.

Sedangkan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan dirinya optimis progres evakuasi black box, jenazah korban penumpang Sriwijaya Air, serta bagian serpihan pesawat dapat dilakukan dengan cepat.

“Bila di kecelakaan pesawat yang dahulu sampai 5 hari baru ada temuan, saat ini proses penemuan progres nya amat baik. Saya menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya saudara-saudara kita. Jasa Raharja sekarang harus melakukan inventarisasi untuk memberikan hak-hak keluarga korban. Hari ini sudah dilakukan pertemuan, Sriwijaya juga turut serta dalam pertemuan tersebut dan menyiapkan penginapan untuk anggota keluarga dari luar kota,” kata Budi Karya Sumadi.

Komentar

News Feed