oleh

Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat untuk Pelantikan Biden-Harris Jadi Presiden dan Wapres AS

BATOPAR.COM, AMERIKA SERIKAT – Para pemimpin dunia menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersama wakilnya, Kamala Harris, Rabu (20/1/2021). Dalam pidato pengukuhannya, Biden secara langsung berbicara kepada audiens global.

“Dunia mengawasi, mengawasi kita semua hari ini. Amerika telah diuji, dan kita berhasil keluar lebih kuat. Kita akan memperbaiki aliansi kita dan terlibat dengan dunia sekali lagi,” kata Biden.

Dunia memang menyaksikan pelantikan presiden AS, terbukti dengan banyak tanggapan dari para pemimpin dunia, yang beberapa di antaranya menyerukan harapan masa depan AS dengan Biden dan Harris. “Kita tidak akan memimpin hanya dengan contoh kekuatan, tapi dengan kekuatan contoh,” lanjut Biden.

Sejumlah pemimpin negara menyampaikan pesan kepada Biden lewat Twitter, di antaranya Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau, PM Inggris Boris Johnson, PM India Narendra Modi, PM Israel Benjamin Netanyahu, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

“Selamat Joe Biden atas pelantikan Anda sebagai Presiden ke-46 AS. Kedua negara kita telah mengatasi beberapa tantangan terbesar dalam sejarah bersama-sama, dan saya berharap melanjutkan kemitraan ini bersama Anda, Kamala Harris, dan pemerintahan Anda,” kata Trudeau.

Sementara PM Inggris, Johnson, mengatakan kepemimpinan Amerika sangat penting dalam masalah-masalah yang penting untuk semua, mulai perubahan iklim sampai Covid-19. “Saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Biden,” katanya.

Senada dengan itu, PM India Modi menyerukan harapan hubungan dengan AS. “Sangat menantikan interaksi untuk memperkuat hubungan India-AS. Kemitraan India-AS bermanfaat bagi planet kita,” ujarnya.

PM Israel Netanyahu juga ikut menyampaikan ucapan selamat dan menyebut kedekatan hubungan. “Presiden Biden, Anda dan saya mempunyai persahatan pribadi yang hangat selama beberapa dekade,” ujarnya.

Di pihak lain, Presiden Prancis Macron menyatakan pelantikan Biden sebagai hari paling penting bagi warga Amerika. Dia juga menyerukan persatuan dunia. “Kita akan lebih kuat untuk menghadapi tantangan zaman kita. Lebih kuat membangun masa depan. Lebih kuat melindungi masa depan planet kita. Selamat datang kembali kepada Kesepakatan Paris!” kata Macron.

Komentar

News Feed