oleh

Profil Listyo Sigit Prabowo yang Disebut Dipilih Jokowi Sebagai Kapolri

BATOPAR.COM, JAKARTA – Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo disebut dipilih Presiden Jokowi sebagai Kapolri. Walau belum ada surat resmi dari Jokowi ke DPR, tapi sumber-sumber di lingkungan Istana yang tak bisa dikutip menyebut hampir pasti Listyo Sigit dipilih Jokowi.

Ibarat kata, hanya tinggal tanda tangan Jokowi saja di surat resmi yang akan dikirimkan ke DPR. Bila sesuai rencana, Listyo Sigit akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang pensiun pada 1 Februari.

Listyo Sigit menjabat sebagai Kabareskrim Polri sejak 6 Desember 2019. Sebelumnya, Listyo sudah mengemban sejumlah jabatan penting selama berkarier di Polri.

Ia pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo pada 2014. Sebelum menjadi ajudan Jokowi, tahun 2013 ia bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Punya Banyak Prestasi, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Dinilai Kandidat Tepat Jadi Kapolri

Pria kelahiran Ambon, Maluku, 5 Mei 1969 ini juga pernah menjabat sebagai Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri tahun 2012. Lulusan Akpol angkatan 1991 tersebut kemudian menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri sejak 13 Agustus 2018.

Listyo Sigit juga pernah menjadi Kapolres Pati pada 2009, Kapolres Sukoharjo pada 2010, Kapolresta Surakarta pada 2011, dan Kapolda Banten.

Listyo Sigit kerap dilekatkan dengan istilah geng solo, apa sebab? Ini bermula dari masa dinas Listyo Sigit yang pernah menjadi Kapolres Surakarta pada 2011.

Saat itu, Jokowi masih menjabat sebagai wali kota. Mulai dari sana, Jokowi dan Sigit kerap berkomunikasi.

Baca Juga: Jelang Pemilihan Kapolri, Waspadai Kelompok Teroris Anti NonMuslim

Selama menjabat sebagai Kabareskrim, Listyo Sigit bersama jajarannya berhasil mengungkap sejumlah kasus besar. Salah satunya adalah ketika Bareskrim Polri berhasil menangkap buronan kasus cassie Bank Bali, Djoko Tjandra, yang dicari keberadaannya selama 11 tahun. Kasus ini ikut menjerat nama 2 jenderal polisi, yakni Brigjen Prasetijo Utomo dan Irjen Napoleon Bonaparte.

Di bawah kepemimpinannya, Bareskrim berhasil mengamankan 8 tersangka kasus kebakaran gedung Kejaksaan Agung yang terjadi pada 22 Agustus 2020 lalu.

Pada bulan Desember 2020, Bareskrim juga menangkap 2 tersangka penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan.

Berikut biodata Komjen Listyo Sigit Prabowo : 

Nama: Listyo Sigit Prabowo

Tempat Tanggal Lahir: Ambon, Maluku, 1969

Jabatan sekarang: Kabareskrim

Pendidikan: Akpol ’91

Agama: Katolik

Riwayat Karier: Kapolres Pati pada 2009,

Kapolres Sukoharjo pada 2010

Kapolresta Surakarta pada 2011

Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri 2012

Dirkrimum Polda Sulawesi Tenggara pada 2013

Ajudan Presiden RI pada 2014

Kapolda Banten pada 2016

Kadiv Propam Polri pada 2018

Kabareskrim Polri pada 2019

 

Komentar

News Feed