oleh

Punya Banyak Prestasi, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Dinilai Kandidat Tepat Jadi Kapolri

BATOPAR.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah memilih satu nama untuk menjadi Calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang masuk masa pensiun. Calon Kapolri itu adalah Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Pengamat kepolisian Edi Hasibuan, menilai, bila ditunjuk oleh presiden, sosok Listyo Sigit Prabowo memang salah satu perwira tinggi (Pati) berprestasi yang dimiliki kepolisian. Dari rekam jejaknya, Listyo Sigit selalu berhasil di manapun ditempatkan.

“Jika Jokowi memang mengusulkannya jadi calon Kapolri, itu keputusan yang tepat,” kata Edi Hasibuan, di Jakarta, Senin (11/1/2020).

Dirinya mencontohkan, ketika dipercaya menjabat Kapolda Banten, sosok Sigit berhasil merangkul dan seluruh tokoh masyarakat di wilayah itu. Padahal sebelumnya Sigit sempat mendapat penolakan dari tokoh masyarakat maupun tokoh agama di Banten.

Baca Juga: Jelang Pemilihan Kapolri, Waspadai Kelompok Teroris Anti NonMuslim

Kemudian, ketika menjabat Kepala Divisi Propam Polri, sosok Sigit juga cukup menonjol dan pernah mengeluarkan kebijakan larangan hidup mewah bagi anggota kepolisian. Hingga akhirnya, Sigit pun diangkat menjadi Kabareskrim.

Ketika menjadi Kabareskrim, prestasi Sigit semakin cemerlang. Berdasarkan catatan, sepanjang 2020, Bareskrim Polri berhasil membongkar jaringan narkotika internasional dengan total barang bukti hampir 6 ton sabu-sabu.

Baca Juga: Rapat Komisi III DPR Akan Bahas Fit and Proper Test Calon Kapolri

Tidak sampai di situ, ketika menjabat Kabareskrim, Sigit juga menjadi satu-satunya pejabat Polri yang berani memenjarakan jenderal di Kepolisian atas kasus Djoko Tjandra. Bahkan, Sigit pula yang akhirnya bisa menangkap buronan Djoko Tjandra setelah bertahun-tahun tidak ada satupun penegak hukum yang berhasil menangkapnya.

“Dengan torehan prestasi tersebut, saya rasa memang pilihan yang tepat jika Presiden memang mengusulkan nama Sigit,” ucap Edi Hasibuan.

Di sisi lain, Listyo Sigit Prabowo merupakan Pati Polri yang berusia cukup muda yang berasal dari angkatan 91 di Kepolisian. Namun demikian, di usianya yang cukup muda, berbagai prestasi telah diraih Sigit selama mengemban berbagai tugas di Kepolisian.

Komentar

News Feed