oleh

Satgas Akui Lonjakan Kasus Covid-19 Karena Faktor Mobilitas Tinggi & Kelemahan Posko

BATOPAR.COM, JAKARTA – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI, Ganip Warsito mengakui lonjakan kasus disebabkan beberapa faktor. Paling utama kata dia yaitu adanya mobilisasi masyarakat.

“Konteksnya mobilisasi sehari-hari, teristimewa pada saat liburan, ini memacu mobilitas semakin tinggi, oleh karenanya kita ketahui bersama pembawa covid adalah manusia, artinya mobilitas manusia ini adalah yang menyebabkan terjadinya transmisi antara manusia satu dengan manusia lainnya,” katanya dalam akun YouTube BNPB, Minggu (13/6).

Sebab itu protokol kesehatan, memakai masker, mengurangi mobilisasi hal tersebut adalah salah satu cara untuk memitigasi lonjakan kasus. Tidak hanya itu pihaknya juga sudah meningkatkan 3K yaitu komunikasi, kolaborasi, dan koordinasi. Walaupun kata dia ada kelemahan yang terjadi dibeberapa posko.

“Memang ada kelemahan dibeberapa posko dalam konteks manajemen lapangan ini yang perlu kita benahi, oleh karenanya BNPB Nasional akan melakukan pendampingan dalam konteks mengintensifkan pelaksanaan tugas dari posko ppkm mikro ini, tentu saja ini dibantu TNI dan polri,” bebernya.

Kemudian pihaknya juga saat ini sedang melakukan penebalan-penebalan untuk petugas keamanan, posko, dalam penegakan PPKM Mikro. Khususnya pada zonasi merah.

“Ini sudah kita lakukan di sampang di Kudus, di jawa tengah, Madura, penebalan juga dari aspek dukungan fasilitas sarana prasarana kesehatan, dukungan nakes, biasanya yang kita amati, akan mengalami penurunan kesehatan, beberapa nakes terkena, ini membutuhkan penguatan atau penebalan dari tenaga medis dan relawan,” tutupnya.

Komentar

News Feed