BATOPAR.COM, JAKARTA – Pemerintah Tiongkok menyatakan telah melakukan kerja sama internasional dengan Kanada secara aktif dalam uji coba dan pengembangan vaksin untuk melawan virus corona (Covid-19).

Pernyataan itu, disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Tiongkok, Zhao Lijian, dalam konferensi pers rutin di Beijing, Rabu (13/5/2020).

Zhao Lijian membenarkan pernyataan Dewan Riset Nasional Kanada bahwa pemerintah Kanada telah menjalin kerja sama dengan CanSino Biologics Inc, Tiongkok, untuk membuka jalan bagi uji coba calon vaksin Covid-19 di masa depan.

Menurut Zhao Lijian, kedua negara telah saling mendukung dan membantu sejak pecahnya pandemi, baik dalam pasokan medis maupun upaya mencari obat-obatan dan vaksin untuk melawan virus Covid-19.

Baca Juga: WHO: Corona Mungkin Tidak Akan Pernah Hilang

Tiongkok telah mengirim sampel darah pasien Covid-19 untuk diuji coba di Kanada. Sebaliknya, Perusahaan Tiongkok mengajukan aplikasi untuk dapat melakukan uji klinis ke lembaga Health Canada.

“Selain itu, sekitar 32 ton pasokan medis yang disumbangkan oleh pemerintah Tiongkok telah dikirim ke Kanada, dan kami telah menawarkan bantuan aktif dan kemudahan bagi pihak Kanada untuk membeli pasokan medis di sini,” ujar Zhao Lijian.

Dia menambahkan, pemerintah Tiongkok siap bekerja sama dengan komunitas internasional dalam mempercepat pengembangan dan produksi barang-barang medis terkait penanganan Covid-19, sekaligus berkontribusi dalam menjaga kesehatan publik global dan untuk melawan pandemi.

“Virus tidak memandang batas dan merupakan tantangan yang dihadapi oleh semua umat manusia. Untuk itu, pengembangan vaksin sangat penting untuk pencegahan dan pengendalian pandemi, sekaligus menjadi kunci keberhasilan dalam memerangi Covid-19,” ujar Zhao Lijian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here