BATOPAR.COM, JAKARTA – 31 Dokter tercatat meninggal dunia akibat tertular virus Covid-19 hingga Jumat 8 Mei 2020. PB IDI Bidang Kesekretariatan, Protokoler dan Public Relation, Halik Malik menjelaskan, 31 dokter tersebut terdiri dari 25 dokter dan 6 dokter gigi.

“Dari catatan data kami setidaknya ada 25 dokter dan 6 dokter gigi meninggal terkait dengan Covid-19 sepanjang pandemi di Indonesia,” ujar Halik saat diwawancarai, Jumat (8/5/2020).

Saat dikonfirmasi, apakah data tersebut termasuk kabar duka mantan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Kartono Muhammad yang meninggal dunia pada Selasa (28/4), Halik mengatakan, itu tidak termasuk.

“Dr Kartono dari hasil pemeriksaan Covid-19nya negatif, beliau sudah sakit lama dan memiliki riwayat stroke sebelumnya,” terang Halik.

Baca Juga: Update Corona di Indonesia 7 Mei 2020: 12.776 Positif, 2.381 Sembuh, 930 Meninggal

Selain itu, dia memaparkan data yang terhimpun selain dokter terdapat 19 perawat dan 1 bidan yang meninggal terkait dengan Covid-19 sepanjang wabah corona di Indonesia.
Masih Ada Waktu Hadapi Puncak Pandemi Covid-19

Halik mengatakan, masih ada waktu bagi pemerintah maupun element terkait penanganan Covid-19 memperbaiki fasilitas layanan kesehatan. Sebelum capai puncak pandemi corona di Indonesia.

Baca Juga: WHO Desak Semua Negara Selidiki Kasus Corona Pertamanya

“Masih ada waktu, sebelum muncul episentrum-episentrum di daerah-daerah. Rumah sakit dan tenaga medis harus dipastikan mampu tangani pasien jika terjadi lonjakan,” kata Halik.

Selain itu, dia meminta kepada pemerintah untuk mempersiapkan sistem kesehatan di daerah-daerah agar mampu mengatasi lonjakan yang mungkin terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here