oleh

Wapres AS Mike Pence Tolak Ajukan Amandemen ke-25 untuk Lengserkan Trump

BATOPAR.COM, AMERIKA SERIKAT – Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dalam surat pernyataannya tadi malam menegaskan dirinya tidak berencana mengajukan Amandemen ke-25 untuk mencopot Presiden Donald Trump. Surat pernyataan ini dirilis beberapa jam jelang DPR menggelar pemungutan suara untuk mendesak Pence mengajukan Amandemen ke-25.

Laman CNN melaporkan, Rabu (13/1/2021), kantor kepresidenan merilis surat pernyataan kepada Ketua DPR Nancy Pelosi berisi penolakan mengajukan Amandemen ke-25/

“Dengan hanya tinggal delapan hari lagi masa jabatan presiden, Anda dan kubu Demokrat meminta Kabinet dan saya mengajukan Amandemen ke-25. Saya tidak yakin langkah itu adalah yang terbaik bagi bangsa atau sesuai dengan amanah Konstitusi,” tulis Pence.

Baca Juga: Para Pimpinan Militer AS Kecam Penyerbuan ke Gedung Parlemen Capitol

Kubu Demokrat yang menguasai DPR dan sejumlah anggota parlemen geram dengan penyerbuan Gedung Capitol yang dilakukan massa pendukung Trump pekan lalu.

Kubu Demokrat di DPR berencana memakzulkan Trump karena serangan ke Gedung Capitol itu.

Baca Juga: Kongres Akhirnya Tetapkan Joe Biden sebagai Pemenang Pilpres AS

“Demi melindungi Konstitusi dan Demokrasi kita, kita akan melakukan tindakan mendesak, karena Presiden menunjukkan ancaman nyata terhadap keduanya. Hari demi hari, ngerinya penyerangan yang terus menerus terhadap demokrasi kita yang dilakukan Presiden semakin intensif dan perlu tindakan segera,” kata Ketua DPR Nancy Pelosi Senin lalu.

Pelosi mengatakan dalam wawancara CBS’ “60 Minutes” pada Minggu malam, dia sepakat dengan usulan Amandemen ke-25 bukan semata untuk mencopot Trump, tapi mengatakan “salah satu motivasi orang untuk mengadvokasi pemakzulan” adalah untuk mencegah Trump menjabat lagi.

“Ada dukungan kuat di Kongres untuk memakzulkan Presiden untuk kedua kalinya,” ujarnya.

Komentar

News Feed